Diperbaharui pada Jumat, 2 Desember 2016 | 11:26

Olympus OM-D E-M1 Mark II, Kamera Mirrorless Premium Kualitas Melebihi DSLR

Saat ini, banyak pengguna yang merasa bahwa kemampuan kamera mirrorless belum setara dengan kamera DSLR. Sekarang, pabrikan Olympus memberikan jawaban dimana ia baru saja menghadirkan kamera mirroless Olympus OM-D E-M1 Mark II ke Indonesia.

Kamera satu ini diklaim memiliki segudang kemampuan yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas melebihi jepretan kamera DSLR. Ditujukan untuk pasar kelas atas, Olympus OM-D E-M1 Mark II membawa banyak upgrade ketimbang seri sebelumnya.

Disamping membawa desain ringkas yang siap mendukung mobilitas pengguna saat memotret, OM-D E-M1 Mark II memiliki kemampuan yang bisa mengalahkan kualitas kamera DSLR berkat penggunaan sensor 4/3 Live MOS berkekuatan 20,4MP yang didukung dengan prosesor gambar terbaru TruePic VIII yang terdiri dari dua chip Quad Core.

Melalui kemampuan 3,5 kali lebih cepat dalam memproses gambar jika dibandingkan dengan prosesor TruePic VII, ia mampu melakukan pengambilan gambar dengan kecepatan 18 fps pada format RAW di mode AF continuos dan AE tracking dan 60 fps di mode penguncian AF dan AE.

Dilengkapi dengan dukungan teknologi Dual FAST Autofocus yang menggabungkan kinerja Phase Detection AF dan kontras AF, ia pun dilengkapi 121-point all cross-type di sensor On-chip Phase Detection AF dengan algoritma yang bekerja lebih baik saat proses tracking.

Dalam menunjang aktivitas memotret pengguna, tak hanya desain ringkas yang diberikan, melainkan adanya fitur splashproof dan dustproof sehingga ketahanannya sudah teruji dengan baik. Bahkan, kamera mirrorless teranyar ini bisa bertahan dalam kondisi pemotretan dengan suhu minus 10 derajat.

Tidak hanya juara untuk sektor pengambilan gambar, Olympus OM-D E-M1 Mark II juga hadir dengan fitur perekaman video dengan resolusi mencapai 4K yang hasilnya stabil karena dilengkapi 5-axis Image Stabilization. Masih soal kemampuan video, ia pun kompatibel dengan Digital Cinema Standard 4K untuk menunjang produksi film dan fitur koneksi HDMI Monitor untuk memantau kualitas gambar.

Jika dibandingkan dengan generasi lamanya, dukungan baterai pada kamera ini kapasitasnya turut ditingkatkan, ditambah dukungan teknologi pengisian cepat. Fitur penting lainnya yang tentu saja dapat menunjang para fotografer profesional adalah mode silent saat proses shutter dan focus, mode Focus Stacking atau Focus Bracketing untuk menangkap depth of field lebih detail saat menggunakan setting aperture terkecil dan mode High Res Shot untuk menghasilkan foto resolusi tinggi 50 MP.

Sementara itu, fitur unggulan yang disematkan pada Olympus pada produk barunya ini adalah mode Pro Capture yang bekerja saat pengguna menangkap foto beresolusi penuh dengan tombol rana kamera yang ditekan setengah, kemudian saat tombol ditekan sepenuhnya maka bisa menghasilkan 1 foto dan 14 foto yang sebelumnya ditangkap ketika tombol ditekan setengah.

Nama Harga di Pasaran Tipe Sensor Ukuran Sensor Maximum Shutter Speed Max. Light Sensitivity Attached Lens Lens Mount Viewfinder Type
Olympus OM-D E-M1 Mark II Body belum ada harga MOS 17.4 x 13 mm 1 / 8000 s ISO 6400 Tidak Micro Four Thirds Mount Electronic
Olympus OM-D E-M1 Mark II + M. Zuiko Lens 12-40mm f2.8 PRO belum ada harga MOS 17.4 x 13 mm 1 / 8000 s ISO 6400 Ya Micro Four Thirds Electronic
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Rencananya, kamera mirroless premium Olympus OM-D E-M1 Mark II akan mulai tersedia di pasaran mulai pertengahan bulan Desember 2016. Soal harga, kamera ini dibandrol Rp 27.899.000 (body only) dan Rp 37.299.000 untuk paket dengan tambahan lensa M.Zuiko 12-140mm f2.8 PRO.

Baca juga artikel:
Olympus Stylus TG-Tracker, Action Camera Tahan Air
Olympus Pen-F, Reinkarnasi Digital Kamera SLR Film Olympus PEN-F
Olympus Stylus SH-3, Kamera Saku Berdesain Retro dengan Video 4K
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts