Dipublish Pada Jumat, 25 Agu 2023 | 10:02

7 Motor Listrik Bodi Besar dengan Desain dan Gaya Moge

Motor listrik kini bukan lagi hal baru bagi para pecinta otomotif. Jika bukan karena regulasi serta sparepart yang masih selangit harganya, mungkin banyak masyarakat Indonesia yang sudah antre untuk memiliki setiap unit yang ditawarkan.

Terlepas dari hal tersebut, banyaknya pilihan produk motor listrik yang dihadirkan dari beragam brand baik lokal maupun internasional, dari yang mirip sepeda hingga yang benar-benar menyerupai sebuah motor pastinya cukup membuat pusing konsumen yang pada akhirnya akan berujung pada brand kesayangan atau ternama yang dipilih.

Tapi tunggu dulu, diantara banyaknya pilihan motor listrik yang ada, motor listrik dengan bodi besar alias bongsor dan bergaya moge rupanya cukup menjadi daya tarik tersendiri di pasaran. Karena kabarnya, selain memiliki bodi dan daya angkut yang besar, motor listrik dengan bodi besar juga memiliki kecepatan yang sepadan dengan ukuran tubuhnya.

Bahkan tak jarang banyak dari motor listrik bodi besar ini dihadirkan lengkap dengan fitur serta teknologi terkini yang terkadang tidak mungkin bisa dimasukan pada produk motor listrik dengan bodi standar atau yang lebih kecil.

7 Motor Listrik Bodi Besar Terbaik

Mau tau apa saja motor listrik dengan bodi besar bergaya moge terbaik yang bisa dimiliki di pasar Indonesia? Tentunya dengan subsidi yang saat ini sedang diterapkan pemerintah Indonesia untuk pembelian kendaraan listrik, menjadikan unit-unit ini terasa ringan dalam hal harga.

1. Alva One

Alva One sempat unjuk gigi di pameran GIIAS 2022 beberapa waktu lalu. Dari sisi desain motor listrik bodi gambot Alva One ini didesain dengan nuansa modern dan gagah. Selain itu, dari bentuknya yang bongsor jadi terlihat mirip skuter-skuter maxi Honda PCX dan Yamaha NMAX.

Dibekali dengan lampu LED dalam bentuk lancip dengan lekukan-lekukan tegas yang membuat semakin gagah. Motor listrik bodi besar Alva One ini, dibekali baterai berjenis lithium dengan kapasitas 60 V 2,7 kWh. Baterai ini menjadi sumber tenaga motor elektris dengan tenaga 4 kW dan torsi 46,5 Nm.

Kemudian untuk jarak tempuhnya sendiri, motor listrik ini mampu mencapai 70 km dan memiliki kecepatan maksimum 90 km. Motor listrik Alva One dibekali portable charger 70,5 V 15 A yang menjanjikan durasi pengecasan sampai full dalam waktu 4 jam.

2. PCX Electric

Honda PCX Electric menjadi produk sepeda motor listrik pertama yang diperkenalkan di Indonesia. Diluncurkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, sebagai respons tren elektrifikasi sepeda motor masa depan.

Honda PCX Electric mengusung tampilan elegan serta fitur mewah dari Honda PCX yang terkenal. Menghadirkan pengalaman berkendara sepeda motor listrik yang menyenangkan berkat teknologi kelistrikan canggih.

Mewarisi kenyamanan dan postur berkendara yang ergonomic dari seri Honda PCX, Honda PCX Electric memberikan pengalaman urban yang elegan dan nyaman. Dua baterai portabel, bernama Honda Mobile Power Pack, mampu memberikan jarak hingga 69 km dalam sekali pengisian penuh (diuji pada kecepatan rata-rata 40 km/jam).

Honda Mobile Power Pack dapat diisi ulang melalui dua cara: pertama, off-board charging dengan menukar baterai kosong dengan yang terisi (swap system), dan kedua, melalui konektor yang terhubung dengan sumber listrik di gedung atau perumahan (on-board charging).

3. Yamaha E01

Meski sering dibandingkan dengan NMax, Yamaha E01 tetap memiliki identitasnya sendiri, terlihat terutama pada desain bagian belakang. Sepatbor terpisah dari bodi dan menyatu dengan lengan ayun.

Motor ini juga memiliki shockbreaker ganda untuk roda belakang, posisinya lebih maju daripada biasanya. Meskipun begitu, Yamaha E01 diakui sebagai motor listrik dengan sensasi berkendara yang mirip motor konvensional.

Yamaha E01 menggunakan sumber tenaga fixed baterai Lithium-ion yang dilengkapi dengan built ini Battery Management System. Memiliki kapasitas sebesar 4,9 kWh dan daya 87,6 V / 56,3 Ah membuat Yamaha E01 mampu menempuh jarak sejauh 104 km (berdasarkan tes internal dengan kecepatan konstan 60 km/jam) dalam kondisi bateri terisi penuh.

4. ION MS1

Tampilan motor listrik ION M1S ini terlihat sangar dan agresif dengan garis desain serba tajam, sekilas mirip skutik gambot series Yamaha XMAX dari depan.

Kemiripannya karena headlamp dengan DRL berbentuk 'X' shape, serta posisi lampu sein terpisah di sisi bodi sampingnya. Bedanya, motor listrik ION M1-S ini pakai headlamp LED projektor, serta panel instrumen digital TFT 7 inci yang bisa menampilkan berbagai informasi di motor.

Ditenagai oleh motor listrik 5 kW dengan daya maksimum 12,5 kW, diklaim mampu berakselerasi dari 0-50 km/jam dalam 3,7 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 105 km/jam. Tersedia dalam dua pilihan paket baterai 48 Ah atau 60 Ah yang dapat menempuh sekitar 120-150 km dari baterai motor terisi penuh.

5. United TX-3000

United TX-3000 adalah motor listrik bodi besar yang keren dan canggih. Dia bisa melaju cepat sampai 90 km/jam dan jarak jauh sampai 120 km tiap isi baterai. Diperkuat oleh baterai Lithium-ion yang dapat diisi hingga 80% dalam waktu estimasi + 4 jam, bahkan dengan dua baterai, penggunaannya tidak akan terganggu oleh waktu pengisian yang lama.

Remnya aman pakai Combi Brake System (CBS) dan piringan cakram. Yang bikin beda, motor ini bisa dinaiki di tanjakan curam tanpa masalah. Baterainya juga bisa diganti-ganti dan ada jaminan. Jadi, buat kamu yang suka petualangan atau sekadar jalan-jalan sehari-hari, motor ini oke banget!

6. United TX-1800

United TX-1800 hadir dengan kecepatan maksimum 75 km/jam dan jarak tempuh 65 km tiap pengisian baterai, ia siap mengantarmu dengan gaya modern-sporty. Waktu pengisian baterainya hanya 1,5 jam, membuatnya cepat kembali ke jalan.

Motor ini dilengkapi baterai Lithium-ion yang bisa di-upgrade dengan menambah jumlah baterai, memberimu lebih banyak jarak tempuh. Performanya hampir setara dengan model TX-3000, tetapi dengan harga lebih terjangkau.

Fitur-fitur modern juga tak ketinggalan, seperti panel display digital, lampu depan Full LED, serta speaker Bluetooth, USB Port, FM Radio, dan mode suara balap. Kunci elektronik dan Reverse Gear menambah kenyamanan dalam penggunaan.

7. United T-1800

United T-1800 memiliki kecepatan maksimum 70 km/jam, motor ini menghadirkan kelincahan dalam gaya modern-sporty. Motor ini menggunakan baterai Lithium-ion yang bisa di-upgrade dengan menambah jumlah baterai, memberi lebih banyak jarak tempuh dengan pengisian baterai cepat hanya memerlukan 1,5 jam.

Keunggulannya juga terletak pada penggunaan hub-drive motor merk Bosch yang handal. Ada 3 mode kecepatan: Eco (55 km/jam), Normal (65 km/jam), dan Sporty (70 km/jam), memberikanmu fleksibilitas dalam mengatur kecepatan sesuai preferensimu.

Desainnya yang atraktif dilengkapi dengan panel display digital, lampu depan Full LED, dan berbagai fitur modern seperti speaker Bluetooth, USB Port, FM Radio, dan mode suara balap. Bagasi luas dapat menampung helmmu.

Content Writter

1793 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.