Diperbaharui pada Jumat, 6 Januari 2023 | 12:56

10 Rekomendasi Kalkulator Scientific Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa

kalkulator scientific terbaikFoto: Pexels

Kalkulator scientific, atau yang lebih umum dikenal dengan istilah kalkulator ilmiah di Indonesia, merupakan sebuah perangkat belajar andalah para pejalar dan mahasiswa, terutama yang gemar menekuni dunia matematika dan Fisika.

Selain memiliki fungsi berghitung, kalkulator ilmiah juga dibekali dengan fitur dan kemampuan statistik, hingga membuat pemograman sederhana. Namun, rasanya sudah terlalu banyak produk kalkulator ilmiah yang ada di pasaran saat ini. Lalu, bagaimana cara memilih yang terbaik?

Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik

Seperti produk kalkulator pada umumnya, kalkulator scientific atau kalkulator ilmiah, juga digunakan untuk berhitung. Hal yang membedakan antara jenis kalkulator ini dengan kalkulator biasa adalah fungsinya.

Terdapat tiga jenis kalkulator scientific, yaitu versi standar, versi yang dibuat khusus untuk pemrograman, hingga versi yang dapat membantu dalam membuat grafik. Ketiganya digunakan oleh pengguna untuk kebutuhan yang berbeda, namun umumnya oleh pelajar atau mahasiswa di jurusan sains.

Beberapa merek kalkulator ilmiah yang populer di antaranya adalah Casio, Joyko, dan Deli. Setiap merek yang ada di pasaran saat ini pun membuat berbagai model dan jenis kalkulator scientific, dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Berikut beberapa rekomendasi kalkulator scientific terbaik yang telah dikurasi secara khusus oleh tim redaksi Pricebook.

1. Casio FX-350ES PLUS

kalkulator scientific terbaik

Rekomendasi kalkulator ilmiah pertama adalah Casio FX-350ES PLUS yang berjenis non-programmable, dengan jumlah total fungsi sebanyak 252. Kalkulator ini menjadi salah satu yang populer di kalangan pelajar dan mahasiswa karena tampilan textbook yang natural.

Casio FX-350ES PLUS dibekali dengan fitur Multi-replay yang akan secara cepat dan mudah, mengembalikan formula yang telah dieksekusi sebelumnya, sehingga dapat di-edit untuk memperbaiki kesalahan, tanpa perlu mengulang dari awal.

Beberapa fungsi standar yang dimiliki oleh kalkulator ilmiah Casio ini di antaranya adalah kalkulasi fraksi, kombinasi dan permutasi, statistik, 9 variabel, fungsi tabel, prime factorizations, dan random integers.

2. Target AC-910

kalkulator scientific terbaik

Target AC-910 adalah kalkulator scientific 12 digit yang dibekali dengan 401 fungsi. Kalkulator ini memiliki tampilan dua baris, dengan fitur Multi-replay yang dapat digunakan untuk meng-edit ulang formula yang sudah pernah dibuat.

Beberapa fungsi standar dari Target AC-910 di antaranya adalah Sin, Cos, Tan dan Inverse, hingga perhitungan equation dan fraction. Harganya yang tergolong murah, membuatnya menjadi salah satu kalkulator andalan para pelajar.

3. Deli FX-991ES PLUS

kalkulator scientific terbaik

Salah satu rekomendasi kalkulator ilmiah yang memiliki dua sumber tenaga dari baterai dan Tenaga solar/matahari adalah Deli FX-991ES PLUS yang membawa 417 total fungsi untuk berbagai kebutuhan pelajar dan mahasiswa.

Tampilan layar Dot Display yang diusungnya membuat keseluruhan tampilan dari layar kalkulator scientific ini terlihat natural. Seperti hanya sedang mencoret-coret halaman buku ketika menghitung rumus.

Beberapa fitur dan fungsi unggulan dari Deli FX-991ES PLUS di antaranya adalah Integration/Differential, kalkulasi matrix/vector, perhitungan dasar-n, fraction, kombinasi dan permutasi, log algoritma, hingga list-based STAT data editor.

4. Casio FX-991 EX

kalkulator scientific terbaik

Melihat dari tampilan fisiknya, desain kalkulator ilmiah Casio FX-991 EX terlihat sangat premium, dengan tombol-tombol yang desainnya memberi kesan agak mewah, namun tetap memperlihatkan sisi minimalis yang bertumpu pada fungsionalitas.

Casio FX-991 EX dibekali dengan teknologi LCD beresolusi tinggi, layaknya sebuah perangkat handphone layar monokrom. Kalkulator ini dibuat untuk mendukung kebutuhan matematika tingkat lanjut, dengan pengoperasian yang intuitif.

Pengguna kalkulator ilmiah Casio ini dapat membuat spreadsheet yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas belajar statistika. Spreadsheet dapat dibuat hingga 5 kolom dan 45 baris, dengan maksimum 170 item data.

5. Canon F-718SGA

kalkulator scientific terbaik

Selain terkenal dengan perangkat kamera dan printer, Canon juga membuat produk kalkulator scientific, dan Canon F-718SGA menjadi salah satu rekomendasi kalkulator ilmiah terbaik pilihan Pricebook.

Terdapat beberapa pertimbangan dalam memilihnya, selain karena fitur dan fungsinya, kalkulator ilmiah Canon F-718SGA ini juga peduli lingkungan, karena dibuat dari bahan-bahan hasil daur ulang. Untuk kebutuhan pelajar dan mahasiswa, tersedia 264 fungsi yang bisa diandalkan.

Tampilan Canon F-718SGA menggunakan layar LCD Dot Matrix dengan 4 baris, sehingga sangat memudahkan ketika digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tampilan ini juga dibekali dengan dual way, sehingga pengguna bisa memilih tampilan seperti buku, atau tampilan kalkulator 2 baris pada umumnya.

6. Joyko CC-29A

kalkulator ilmiah terbaik

Kalkulator ilmiah Joyko CC-29A juga menjadi salah satu produk kalkulator scientific yang cukup populer di kalangan pelajar, karena harganya yang relatif lebih murah, dengan fitur dan fungsi yang dapat memenuhi kebutuhan belajar mereka.

Joyko CC-29A dibekali dengan dua sistem pengisian daya, melalui baterai dan tenaga surya/solar. Kalkulator 12 digit ini mengusung tampilan layar yang cukup luas dan memberikan kenyamanan pada mata ketika digunakan.

Total fungsi yang didukungnya mencapat 417, sehingga cukup bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan komputasi mulai dari fungsi integral, differential, vector, matrix, hingga statistics. Kalkulator ini juga dibekali fitur Multi-replay.

7. Texas Instrument TI-84 Plus CE

kalkulator ilmiah terbaik

Merek Texas Instrument mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Wajar saja, karena kalulator buatan mereka tidak dijual di toko-toko pada umumnya, karena produknya termasuk dalam kategori produk premium.

Secara tampilan fisiknya, kalkulator ilmiah Texas Instrument TI-84 Plus CE sekilas terlihat seperti sebuah perangkat smartphone. Apalagi dengan layar berwarna yang diusungnya. Kalkulator ilmiah ini juga sudah mendukung grafik.

Texas Instrument TI-84 Plus CE memang hadir sebagai sebuah kalkulator ilmiah untuk kebutuhan profesional, sehingga tidak jarang menjadi andalan para mahasiwa yang ingin memperdalam ilmu sains dan bidang-bidang kerja kompleks yang membutuhkan alat komputasi handal.

8. Canon F-789SGA

kalkulator ilmiah terbaik

Kalkulator scientific Canon F-789SGA memiliki 605 fungsi dan termasuk salah satu kalkulator ilmiah premium yang ada di pasaran saat ini. Kemampuannya sering menjadi andalan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan komputasi, termasuk dalam untuk mempermudah equation yang sulit.

Canon F-789SGA hadir dengan menu yang sangat mudah untuk dipahami, sehingga cocok untuk digunakan oleh para pelajar atau mahasiswa yang ingin naik ke tingkat selanjutnya.

9. Casio FX-9860 GII SD

kalkulator ilmiah terbaik

Bila sudah sampai pada kebutuhan untuk tingkat yang lebih profesional, maka kami merekomendasikan kalkulator scientific Casio FX-9860 GII SD yang merupakan jenis kalkulator ilmiah dengan fungsi grafik.

Berada di kelas premium, Casio FX-9860 GII SD dibekali dengan layar LCD beresolusi tinggi, dengan CPU yang mampu bekerja lebih cepat dari kalkulator ilmiah pada umumnya. Beberapa fungsi grafik yang didukung antara lain; rectangular coordinate, polar coordinate, parametric fungction, hingga inequality.

Kalkulator scientific Casio FX-9860 GII SD adalah salah satu pilohan yang tepat untuk mendukung kebutuhan komputasi, programming, hingga tentunya, membuat grafik. Kalkulator ini bisa digunakan untuk membuat pie chart, hingga bar graph.

10. Joinus JS-82MS-A

kalkulator ilmiah terbaik

Rekomendasi kalkulator ilmiah terbaik selanjutnya adalah Joinus JS-82MS-A yang merupakan sebuah kalkulator scientific untuk kebutuhan statistik, analisis, plot data ilmiah, hingga konversi. Kalkulator ini memiliki 229 fungsi, dengan jumlah digit sebanyak 12.

Bagi pelajar yang membutuhkan kalkulator scientific yang murah, namun dengan fungsi dan fitur yang sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan standar, maka Joinus JS-82MS-A adalah pilihan yang tepat.

Tips Memilih Kalkulator Scientific

Sebagai perangkat yang membantu penggunanya untuk melakukan perhitungan yang kompleks, kehadiran kalkulator scientific untuk pelajar, mahasiswa, bahkan pekerja profesional yang bergerak di bidang sains dan matematika, menjadi sangat penting. Namun setiap fokus ilmu, juga tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda.

Tidak semua fungsi dan fitur yang ada pada kalkulator ilmiah, dibutuhkan. Tidak ada larangan bila ingin memiliki kalkulator ilmiah yang lengkap dan serba bisa, namun bila tidak semua fitur tersebut digunakan, rasanya jadi sayang dan mubazir. Apalagi harganya pasti tidak murah.

Sebaiknya, beli lah kalkulator ilmiah yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis standar sangat cocok untuk kebutuhan pelajar dan mahasiswa. Namun ketika sudah masuk ke dunia kerja profesional, maka kebutuhan akan berubah. Kalkulator ilmiah jenis pemograman atau grafik akan lebih dibutuhkan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1535 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.