Dipublish Pada Selasa, 31 Jan 2023 | 12:00

10 Rekomendasi Smart Bulb dan Smart Lamp Terbaik 2023

Foto: Pixabay

Kehadiran perangkat elektronik pintar telah perlahan tapi pasti, menjadi bagian dan salah satu kebutuhan yang wajib dalam kehidupan sehari-hari, termasuk hadirnya smart lamp atau smart bulb, yang merupakan sebuah produk bohlam lampu pintar berbasis teknologi Internet of Things (IoT).

Smart bulb dan smart lamp ini bisa terhubung dengan jaringan wi-fi, Bluetooth, atau keduanya sekaligus. Sementara untuk pengoperasiannya sendiri, dapat dilakukan melalui aplikasi yang terpasang di perangkat smartphone berbasis Android atau iOS.

Dengan banyaknya produk lampu pintar yang ada di pasaran saat ini, bagaimana caranya untuk menentukan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan?

Rekomendasi Smart Lamp Terbaik

Produk smart lamp dan smart bulb dewasa ini dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, mulai dari toko elektronik offline, hingga toko-toko online yang tersedia di marketplace.

Walau memiliki fungsi yang sama, setiap produk yang dibuat oleh perusahaan berbeda, pada umumnya menawarkan teknologi yang berbeda. Mudahnya, serupa tapi tak sama. 

Beragam merek smart bulb hadir di pasaran mulai dari Xiaomi, Philips, hingga Bardi. Keunggulan utamanya ada pada tingkat kecerahan yang bisa diatur sesuai preferensi penggunanya, serta warna yang bisa diubah-ubah untuk memberikan mood berbeda pada ruangan.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari smart lamp atau smart bulb untuk kebutuhan rumah tangga dan lainnya, berikut beberapa rekomendasi smart lamp terbaik yang khusus dikurasi oleh tim redaksi Pricebook.

1.  Xiaomi Mi LED Smart Bulb Essential

Xiaomi Mi LED Smart Bulb Essential memiliki dua fungsi sebagai lampu putih, atau lampu berwarna. Smart bulb buatan Xiaomi ini telah mengintegrasikan LED berwarna dan mengoptimalkan fungsinya untuk memberikan pencahayaan dengan pencampuran warna yang seimbang.

Salah satu fitur unggulan dari Xiaomi Mi LED Smart Buld Essential adalah teknologi perubahan warna yang bisa disesuaikan menggunakan preset pada aplikasi di smartphone. Preset ini juga bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruangan.

Lampu pintar Xiaomi ini juga bisa dioperasikan menggunakan perintah suara, karena sudah mendukung teknologi asisten digital dari Google Assistant dan Amazon Alexa. Kontrol suara dapat digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan, temperatur, hingga perubahan warna pada lampu.

2. Philips Hue Single Bulb 10W A60

Rekomendasi lampu pintar selanjutnya adalah Philips Hue Single Bulb 10W A60 yang sangat cocok untuk Anda yang aktif dan senang beraktifitas bersama keluarga dan teman di rumah, karena dibekali dengan fitur-fitur yang mendukung aktivitas hiburan mulai dari gaming, menonton film, hingga mendengarkan musik.

Philips Hue Single Bulb ini juga menjadi salah satu pilihan lampu pintar yang sering dipakai oleh kreator konten untuk membuat konten-konten video di YouTube seperti review, atau jenis-jenis video lain yang membutuhkan cahaya untuk mengatur mood.

Pengaturan fungsi lampu dapat dilakukan melalui aplikasi Philips Hue Sync pada laptop Windows atau iOS, yang dihubungkan dengan Razer. Sementara untuk pengguna hp, bisa mengunduh dan memasang aplikasi Philips Hue di smartphone, untuk mengatur area entertainment pada ruangan.

3. Bardi Smart Light Bulb 12W – RGBWW

Bardi Smart Light Bulb 12W – RGBWW adalah jenis lampu pintar yang bisa dikontrol menggunakan aplikasi smartphone, melalui jaringan wi-fi. Selain itu, kontrol juga dapat dilakukan dengan perintah suara, karena lampu pintar Bardi ini sudah mendukung Google Home, Amazon Alexa, bahkan Siri.

Salah satu keunggulan dari Bardi Smart Light Bulb 12W – RGBWW adalah pengoperasian yang bisa dilakukan oleh beberapa pengguna, sehingga tidak hanya pada satu perangkat smartphone saja.

Untuk penggunaan di dalam kamar, Bardi Smart Light Bulb 12W – RGBWW dapat diredupkan hingga 111 lumens, yang sangat pas untuk lampu tidur yang tidak terlalu terang, namun tetap menghangatkan mata saat beristirahat.

Selain sebagai lampu tidur, lampu pintar Bardi ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan ruang lainnya seperti ruang makan, hingga ruangan yang khusus digunakan untuk berbagai kegiatan hiburan mulai dari menonton film hingga bermain gim.

4. DINGS Smart Bulb 12W RGB CW

Lampu pintar DINGS Smart Bulb 12W RGB CW dibekali dengan fitur Smart Color yang dapat diatur sesuai keinginan penggunanya. Keunggulan utama dari lampu pintar ini adalah kombinasi RGB yang bisa menghasilkan 16 juta warna, sekaligus warna putih yang hangat untuk berbagai kondisi ruangan.

Selain itu, DINGS Smart Bulb 12W RGB CW juga dibekali dengan berbagai macam mode pencahayaan yang bisa disesuaikan dengan tema, desain, dan jenis ruangan. Untuk meningkatkan mood ketika mendengarkan musik, lampu pintar ini juga bisa terhubung dengan media player.

Seperti produk-produk smart lamp lainnya, DINGS Smart Bulb 12W RGB CW juga sudah mendukung perintah suara menggunakan Google Home dan Amazon Alexa. Alternatif pengoperasiannya bisa dilakukan melalui aplikasi Smart Life untuk perangkat Android dan iOS.

5. TP-Link LB120

TP-Link LB120 adalah smart lamp yang beroperasi menggunakan jaringan wi-fi, tanpa perlu menggunakan hub, dan dapat dioperasikan secara remote menggunakan aplikasi Kasa yang terpasang di perangkat Android atau iOS.

Keunggulan dari lampu pintar TP-Link ini ada pada Circadian Mode, sebuah teknologi yang memungkinkan cahaya lampu berubah menyesuaikan dengan waktu, mengikuti pergerakan hari dan kondisi cahaya di dalam ruangan tersebut.

Pengguna TP-Link LB120 bisa terus memonitor energi listrik yang digunakan oleh lampu secara real time menggunakan fitur Monitor Power. Lampu pintar ini juga dibekali dengan fitur Save Energy yang diklaim dapat mengurangi penggunaan daya listrik hingga 80 persen tanpa menurunkan kualitas pencahayaan.

6. VYATTA VHOME Light Bulb RGB 10W

Bila Anda membutuhkan smart lamp dengan warna cahaya putih yang bisa diatur untuk kebutuhan tertentu di dalam ruangan, maka VYATTA VHOME Smart Bulb RGB 10W bisa menjadi salah satu pilihan. Selain warna putih, lampu pintar ini juga bisa menghasilkan kombinasi 16 juta warna untuk berbagai situasi.

Pengoperasian VYATTA VHOME Smart Bulb RGB 10W dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi VHome Smart Life yang terhubung dengan jaringan wi-fi.

Pengoperasian dengan perintah suara juga bisa dilakukan berkat dukungan dari Google Home untuk pengguna Android, dan Siri bagi pengguna dengan perangkat iOS.

7. Kadonio Bluetooth Smart LED Bulb 10W

Salah satu pilihan lampu pintar dengan pengoperasian dan fitur-fitur yang mudah adalah Kadonio Bluetooth Smart LED Bulb 10W yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dengan lampu putih, hingga berbagai warna.

Pengguna Kadonio Bluetooth Smart LED Bulb 10W memiliki kebebasan untuk mengatur sendiri tingkat kecerahan dari cahaya lampu yang dipendarkan, melalui sentuhan layar smartphone pada aplikasi Smart Home yang menjadi bawaannya,

Untuk mempermudah pengguna dalam mengatur mood berdasarkan jenis cahaya yang dipenjarkan, lampu pintar Kadonio ini dibekali dengan fitur preset yang secara otomatis akan menyesuaikan pancaran dan warna lampu mengikuti fungsinya di dalam ruangan.

8. Yeelight Smart Light Bulb 1S RGB E27 8.5W

Salah satu opsi smart lamp dengan harga yang relatif terjangkau adalah Yeelight Smart Light Bulb 1S RGB E27 8.5W yang diklaim lebih hemat daya hingga 15% bila dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Kontrol suara pada lampu pintar ini mendukung Google Assistant, Amalzon Alexa, dan Apple Homekit. Untuk pengoperasian Yeelight Smart Light Bulb 1S RGB E27 8.5W tanpa perintah suara, dapat menggunakan aplikasi Yeelight.

Untuk kebutuhan ruangan, lampu pintar ini sudah mendukung teknologi penyesuaian warna dan pengaturan tingkat kecerahan yang dapat disesuaikan secara otomatis, tergantung preferensi dari penggunanya.

9. Prolink DS-3601 Smart LED Light Bulb 12W RGBWW

Prolink DS-3601 Smart LED Light Bulb 12W RGBWW juga menjadi salah satu rekomendasi lampu pintar, sekaligus menjadi salah satu yang terbaik di pasaran saat ini, karena teknologi dan fitur-fitur yang dimilikinya sebanding dengan harganya.

Fungsi-fungsinya termasuk 16 juta kombinasi warna yang membuat pilihan warnanya beragam dan dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan mulai dari penerangan normal, hingga digunakan sebagai layar cahaya untuk pembuatan konten video.

10. LUMI Smart Light Bulb 11W

Rekomendasi smart lamp terakhir kami adalah LUMI Smart Light Bulb 11W yang memiliki keterangan cahaya hingga 1100 lumens, dengan pengaturan warna cool white. 16 juta kombinasi warnanya dapat diatur melalui aplikasi Smart Life atau Tuya yang terhubung di jaringan wi-fi.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh smart lamp ini termasuk penggunaan yang diklaim lebih hemat energi, sehingga tidak akan membebani tagihan listrik bulanan. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur waktu penggunaan, sehingga lampu akan otomatis menyala atau mati.

Selain daftar rekomendasi smart lamp yang kami hadirkan di dalam artikel ini, tentunya masih banyak merek lain yang tersedia di pasaran. Bila lampu pintar yang Anda cari tidak kami rekomendasikan, bukan berarti kualitasnya tidak baik.

Pesan kami sebelum Anda memutuskan untuk membeli smart lamp adalah, pastikan bahwa Anda sudah melakukan riset terkait spesifikasi dan fitur-fiturnya, agar lampu pintar yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Content Writter

1606 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.