Dipublish Pada Selasa, 2 Jan 2018 | 14:27

KTA vs KMG, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Mengajukan pinjaman ke bank memang menjadi solusi sebagian orang dalam memenuhi kebutuhan yang mendesak. Kadang, keuangan yang dimiliki tidak cukup untuk hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, misalnya biaya berobat, biaya pendidikan anak, biaya renovasi rumah dan lain sebagainya.

Banyak produk bank yang dapat diandalkan saat membutuhkan pinjaman. Di antara produk-produk pinjaman bank, ada dua produk yang saat ini tengah populer, yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Multi Guna (KMG).

Kedua produk perbankan tersebut dinilai mudah diajukan dan memiliki banyak keunggulan. KTA menjadi pilihan karena pinjaman ini bisa diajukan tanpa memberi agunan sebagai jaminan, sedangkan KMG dijadikan pilihan karena tenornya yang panjang.

Lalu, lebih menguntungkan mana KTA dan KMG? Keduanya tentunya memiliki keunggulan masing-masing, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Penjelasan Singkat KTA dan KMG


ketahui perbedaan KTA dan KMG via nationwidemortgagerates.com

Bagi Anda yang belum mengenal apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Multiguna (KMG), berikut adalah penjelasannya:

KTA

KTA adalah produk yang dikeluarkan bank untuk memberikan pinjaman kepada nasabahnya yang tidak memiliki aset sebagai jaminan. Singkat kata, tidak perlu agunan untuk mendapatkan dana pinjaman dari KTA. Persyaratan lainnya juga mudah, hanya diperlukan beberapa dokumen untuk mengajukannya. Selain itu, proses pengajuannya terbilang cepat, yaitu sekitar 7-14 hari kerja, dana langsung cair.

KMG

Berbeda dengan KTA, KMG adalah produk pinjaman dari bank yang membutuhkan aset sebagai agunan. Aset yang bisa dijaminkan misalnya, mobil, motor, tanah, rumah, emas, surat berharga dan lain sebagainya. Sebagai kompensasinya, KMG memiliki keunggulan tenor yang relatif panjang, yaitu hingga mencapai 25 tahun. Sedangkan, KTA hanya mencapai 5 tahun.

Perbedaan KTA dan KMG


ada perbedaan mencolok dari KTA dan KMG via intbnk.org

Tentu Anda bertanya-tanya, apa saja perbedaan kedua produk pinjaman pilihan masyarakat ini? Produk manakah yang lebih menguntungkan? Sepertinya KTA lebih menguntungkan karena tidak perlu jaminan, tapi KMG tenornya bisa lama. Pertanyaan seperti itu mungkin akan berputar-putar dalam benak Anda. Oleh karena itu, simak perbedaan berikut untuk menemukan jawabannya.

1. Proses Aplikasi

Proses aplikasi kedua produk ini berbeda. KTA lebih unggul karena prosesnya lebih mudah dan simpel dibandingkan dengan KMG. Saat ini, untuk pengajuan KTA dan KMG bisa dilakukan secara online, bedanya persetujuan aplikasi KTA bisa membutuhkan waktu dengan hitungan jam.

Untuk pengajuan KMG, aplikasi tidak semudah itu untuk disetujui. Bank harus melakukan survei terlebih dahulu terhadap aset yang diagunkan. Misalnya Anda mengagunkan tanah, bank akan datang terlebih dahulu ke lokasi di mana tanah itu berada dan memeriksa ke-valid-an suratnya.

2. Syarat Pengajuan

Untuk hal ini, KTA jelas lebih unggul. Dari namanya saja kita tahu bahwa KTA tidak membutuhkan aset yang diagunkan untuk dijadikan jaminan pinjaman. Sedangkan, untuk mendapatkan pinjaman KMG, aplikan harus memiliki aset terlebih dahulu sebagai jaminan. Jadi tidak semua orang dapat mengajukan KMG.

Selanjutnya, persyaratan lainnya hampir sama, seperti kewarganegaraan jelas, pendapatan disesuaikan, umur aplikan sudah mencapai 21 tahun dan tidak lebih dari 60 tahun.

3. Dokumen yang Dibutuhkan

Pastinya ada dokumen yang dibutuhkan untuk setiap pinjaman yang akan diajukan ke bank. Hal ini untuk memeriksa kelayakan Anda mendapatkan pinjaman. Dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan KTA terbilang lebih ringkas dibandingkan KMG. Apa saja dokumen tersebut? Ini dia.

  • Dokumen Persyaratan KTA
  1. Fotokopi KTP
  2. Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)
  3. Fotokopi Kartu Kredit (jika mengajukan dengan kartu kredit)
  4. Fotokopi Rekening Tabungan (tiga bulan terakhir)
  5. Fotokopi Surat Izin Profesi (bagi profesional)
  6. Fotokopi Akta Pendirian/SIUP/TDP (bagi wirausaha)
  7. Fotokopi NPWP
  • Dokumen Persyaratan KMG
  1. Formulir Aplikasi yang Sudah Dilengkapi
  2. Fotokopi KTP/KITAS dan pasangan
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Fotokopi Akta Nikah
  5. Akta Cerai/Akta Kematian (untuk debitur dengan status janda/duda)
  6. Fotokopi NPWP
  7. Fotokopi Rekening (3 bulan terakhir)
  8. Slip Gaji/SKP/SPT
  9. Fotokopi Rekap Penghasilan (untuk wirausaha)
  10. Fotokopi Surat Izin Profesi (untuk peminjam profesi)
  11. Fotokopi akta Pendirian/SIUP/TDP (untuk wiraswasta)
  12. Foto Tempat Usaha (untuk wiraswasta)
  13. Fotokopi Rekening Listrik (6 bulan terakhir)
  14. Fotokopi PBB (2 tahun terakhir)

4. Tenor

Apa itu tenor? Tenor adalah masa pinjaman, berapa lama Anda akan melunasi pinjaman tersebut ditentukan tenor. Untuk urusan tenor, KMG jelas lebih unggul. Tenor KMG bisa mencapai 25 tahun, sedangkan KTA hanya 3-5 tahun. Bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman jangka panjang, maka pilihlah KMG.

5. Plafon Pinjaman

Plafon pinjaman atau limit pinjaman adalah Batasan uang pinjaman yang bisa diajukan oleh seorang aplikan. Limit pinjaman untuk KTA terbilang masih rendah, yaitu sekitar Rp200-300 juta. Hal ini karena KTA diperuntukan untuk pinjaman-pinjaman dengan nominal kecil.

Lalu, bagaimana dengan KMG? KMG memiliki limit pinjaman yang lebih besar dibandingkaan KTA. Limitnya bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran, tergantung dari nilai aset yang diagunkan. Semakin tinggi nilai aset yang diagunkan, semakin tinggi juga limit pinjaman yang didapatkan.

Mengapa limit KMG lebih besar dibandingkan KTA? Hal ini karena pinjaman ini membutuhkan agunan, sedangkan KTA tidak. Tentu bank lebih menjamin aplikan yang memiliki aset.

6. Bunga yang Dibebankan

Bunga KTA terbilang agak tinggi jika dibandingkan dengan bunga KMG. KTA biasanya menetapkan bunga sebesar 1-1,8% per bulan. Sedangkan, KMG hanya 1% per bulan, bahkan banyak pinjaman KMG yang memberikan bunga pinjaman di bawah 1% per bulan. Memperhitungkan bunga ini sangat penting untuk mengetahui besaran cicilan yang akan dibayarkan perbulannya.

7. Kegunaan Pinjaman

KTA lebih cocok untuk membayar kebutuhan yang mendesak dan tidak bisa ditunda, misalnya biaya pengobatan, biaya pendidikan anak dan lain sebagainya. Hal ini karena proses pengajuannya yang mudah dan cepat. Sedangkan KMG bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang fleksibel dan tidak mendesak, misalnya modal usaha dan lain-lain.

Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangannya

Setelah mengetahui perbedaan antara KTA dan KMG, kini Anda bisa menimbang kira-kira produk pinjaman mana yang pas. Pahami juga kelebihan dan kekurangan dari kedua produk keuangan tersebut. Setelah tahu produk mana yang Anda butuhkan, baru ajukan.

Contributor

300 Posts