Diperbaharui Pada Senin, 18 Sep 2023 | 17:22

HUAWEI WATCH GT 4 Jadi Saingan Berat Apple Watch Series 9 di Perang Inovasi!

Kesuksesan Apple dalam merilis Apple Watch Series 9 di Apple Event tak lepas dari pandangan kritikus serta pengamat gadget yang menyayangkan minimnya pembaruan signifikan pada produk tersebut. Alih-alih membuat konsumen ingin membelinya, Apple Watch Series 9 dianggap sangat minim mengusung fitur baru yang berarti.

Selain prosesor baru, material ramah lingkungan, dan gestur double-tap, fitur dan teknologi yang dimiliki Apple Watch Series 9 hanya berbeda tipis dibanding Series 8. Hal ini berimbas pada antusiasme masyarakat luas pada Apple Watch Series 9 yang tidak serupa dengan iPhone 15.

Uniknya, perilisan produk baru Apple tersebut berdekatan dengan Huawei Global Launch Conference yang berlangsung pada 14 September lalu di Barcelona, Spanyol. Jika membandingkan rumor mengenai HUAWEI WATCH GT 4 dan Apple Watch Series 9, terlihat bahwa kedua smartwatch ini siap untuk diadu sebagai smartwatch terbaik tahun ini.

Info terbaru menyatakan, HUAWEI WATCH GT 4 menjanjikan lebih banyak fitur dan pembaruan signifikan dibanding pendahulunya HUAWEI WATCH GT 3. Produk wearables terbaru Huawei ini juga diklaim telah dilengkapi fitur pemantauan kesehatan dan kebugaran terdepan di kelasnya.

Alasan tersebut yang menjadikan HUAWEI WATCH GT 4 patut dipertimbangkan sebagai pesaing kuat Apple Watch Series 9. Namun, ada beberapa alasan lain yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk memilih mana yang terbaik di antara keduanya.

Inovasi Desain

Huawei telah mengumumkan rencana strategi "Fashion Forward" sebelum Huawei Global Launch Conference. Mereka akan fokus pada elemen fashion dalam pengembangan wearables ke depan, menandai investasi besar di dalam pasar fashion teknologi.

Contoh nyata dari komitmen ini adalah peluncuran sukses HUAWEI GT 3 Pro Titanium dan Ceramic Editions, yang memiliki desain terinspirasi dari jam tangan premium tradisional dengan tachymeter pada bezel jam dan sentuhan klasik pada crown-nya.

Sementara Apple Watch Series 9 tetap setia pada desain "Kuno" ala bujur sangkar dengan satu-satunya perubahan yang mencolok adalah penambahan pilihan warna pink, HUAWEI WATCH GT 4 justru hadir dengan dua desain bezel yang jauh berbeda dari pendahulunya, yaitu bentuk oktagonal atau segi delapan yang biasa digunakan pada desain jam mewah dan ring-faced.

Desain ala jam tangan klasik ini pun diharapkan akan menarik minat para pengguna jam tangan analog karena tampilannya yang timeles tetap dapat mendukung penampilan mereka sehari-hari.

Persaingan ketat antara dua raksasa teknologi ini sudah berlangsung cukup lama, dimana baik Huawei dan Apple, terus mengembangkan inovasi kesehatan dan teknologi terdepan. Namun, manifesto Fashion Forward menekankan posisi Huawei dalam menjangkau para konsumen melek fashion yang lelah dengan tampilan mekanis smartwatch yang konvensional.

Performa Baterai dan Kompatibilitas

Apple Watch Series 9 tercatat hanya memiliki daya baterai penuh hingga 18 jam, dan itupun perlu diisi tiap hari, sama seperti Series 8 sebagai pendahulunya. Di sisi lain, Huawei telah membuktikan daya tahan baterai hingga 2 minggu sejak peluncuran HUAWEI WATCH GT 2018 lalu, kemampuan ini juga tetap diturunkan pada versi HUAWEI WATCH GT 4 Terbaru.

Bicara soal baterai tak hanya berapa lama smartwatch bisa hidup dan aktif digunakan, tapi juga bicara soal durabilitas mengingat banyaknya fitur yang pasti berjalan ketika sebuah wearable device dipakai.

Daya tahan baterai yang kuat pada HUAWEI WATCH GT 4 sangat berarti bagi mereka yang memiliki gaya hidup aktif dan seringkali tidak memiliki waktu untuk mengisi ulang daya smartwatch mereka.

Hal ini menjadikan smartwatch ini sangat mendukung bagi para penggemar olahraga yang membutuhkan teman setia saat berlari maraton atau melakukan sesi olahraga panjang, tanpa perlu khawatir tentang baterai habis.

Kompatibilitas yang ditawarkan GT 4 juga lebih fleksibel dari Apple Watch Series 9 karena GT4 dapat terkoneksi dengan berbagai OS tak hanya dengan perangkat huawei, tapi bisa konek dengan android dan iOS juga.

Fitur Kesehatan dan Kebugaran

Meski hadir dari pabrikan unggulan di seluruh dunia, nyatanya Apple Watch Series 9 tidak menunjukkan inovasi di bidang teknologi sensor dan pemantauan kesehatan jantung, melainkan hanya pada fitur konvensional, seperti pemantauan kadar oksigen dalam darah (SpO2), detak jantung, sleep management, dan lain-lain.

Sementara itu, lini smartwatch terbaru Huawei tak hanya menawarkan fitur-fitur serupa, namun juga mengisyaratkan pembaruan pada teknologi pemantauan detak jantung via TruSeenTM, yang memberi tangkapan data menyeluruh dan presisi pada organ tubuh yang vital tersebut.

Berdasarkan berbagai sumber, terdapat informasi bahwa Huawei juga akan menghadirkan fitur pemantau kalori terbaru pada HUAWEI WATCH GT 4.

Jika kabar ini benar, maka fitur ini berpotensi menghilangkan kebutuhan untuk aplikasi pemantauan kalori di smartphone, karena smartwatch ini dapat menggunakan data secara real-time untuk memberikan saran-saran terbaik dalam manajemen berat badan.

HUAWEI WATCH GT 4 juga kompatibel dengan perangkat iOS dan Android, sehingga semakin banyak pengguna di seluruh dunia yang dapat mengakses teknologi kesehatan dan kebugaran terdepan dari jajaran smartwatch Huawei.

Secara keseluruhan HUAWEI WATCH GT 4 memiliki desain premium dan fitur canggih yang menarik bagi penggemar teknologi. Konsep "Fashion Forward" pada produk Huawei lainnya juga menjanjikan pasar perangkat wearable yang menarik jika dibandingkan dengan Apple Watch Series 9.

Jika detail yang diberikan pada acara Huawei Global Launch Conference benar adanya, maka Huawei siap bersaing di pasar smartwatch dan memperkuat posisinya di industri teknologi.

Content Writter

1725 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.