Diperbaharui pada Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:31

HUAWEI Band 7 vs XIAOMI Smart Band 7, Mana yang Terbaik?

HUAWEI Band 7 vs XIAOMI Smart Band 7

Smartband merupakan perwujudan dari sebuah gelang pintar dengan fungsi hampir setara dengan smartwatch. Baik XIAOMI dan HUAWEI, telah meluncurkan health monitor baru mereka belum lama ini, yakni XIAOMI Smart Band 7 dan HUAWEI Band 7, yang mirip dalam beberapa aspek.

Meski begitu, baik HUAWEI Band 7 maupun XIAOMI Smart Band 7, keduanya mudah dibedakan. Kami akan mencari tahu dalam perbandingan 2 perangkat ini, mana nih yang lebih baik fungsinya sebagai health monitor dan layak menyandang predikat smartband terbaik

Desain Kapsul vs Desain Jam Tangan

HUAWEI Band 7 vs XIAOMI Smart Band 7

HUAWEI memiliki bahasa desain yang sama dengan tetap menggunakan layar lebih lebar, tetapi mengurangi beratnya hingga dua gram dan menjadikan HUAWEI Band 7 sekarang hanya berbobot 16 gram.

Tak hanya itu, HUAWEI juga membuat Band 7 mereka menjadi satu milimeter lebih tipis dengan 9.99 mm. Di sisi lain, XIAOMI hadir lebih tebal dengan ketebalan 12.25mm.

XIAOMI pada dasarnya juga mempertahankan tampilan dan karakter band mereka pada generasi ke-7 ini. Hanya saja, mereka sedikit memperbesar tampilan hingga 25 persen.

Jadi yang terlihat adalah, HUAWEI tetap pede dengan layar persegi panjang ala smartwatch, sementara XIAOMI juga tetap mengandalkan panel berbentuk lonjong pipih mereka.

HUAWEI memberikan banyak pilihan warna bodi dan strap, mulai dari Graphite Black, Nebula Pink, Wilderness Green and Flame Red. Sedangkan XIAOMI, hanya memberikan satu pilihan warna bodi hitam dengan beberapa pilihan warna strap.

Mengingat seru dan viralnya Citayam Fashion Week alias CFW baru-baru ini di bilangan Sudirman, rasanya jika digunakan sebagai penyanding style yang tepat, HUAWEI lebih cocok dan pastinya terlihat lebih menonjol layaknya sebuah Smartwatch flagship berkelas di pergelangan tangan.

Kedua model melindungi layar dengan kaca 2.5D dan mengandalkan silikon sebagai bahan pilihan untuk gelang. Dari yang terlihat, ada satu yang jadi pertimbangan penting bagi kami dan sangat penting meski hanya sebuah smartband, adalah keberadaan tombol fisik, dan ini hanya dimiliki oleh HUAWEI Band 7.

Meski hanya satu tombol fisik, keberadaannya cukup berhasil memudahkan kami dalam mengoperasikan HUAWEI Band 7 dibandingkan XIAOMI Smart Band 7.

Ditambah cakupan display yang lebih besar, HUAWEI Band 7 tentunya lebih nyaman dibandingkan XIAOMI Smart Band 7 jika dioperasikan menggunakan jari, baik slide ke kiri maupun ke kanan dan ke atas.

Layar Oval vs Layar Persegi

HUAWEI Band 7 vs XIAOMI Smart Band 7

Selanjutnya, mata kami tertuju pada layar yang jelas masing-masing memiliki model dan dimensi berbeda karena terkait dengan desain yang ditampilkan. Kami menemukan bahwa keduanya sama-sama mengusung layar AMOLED dengan fungsionalitas selalu aktif.

HUAWEI Band 7 masih mengikuti para pendahulunya dan bertahan dengan layar berukuran 1,47 inci serta resolusi 194 x 368 piksel, dengan kerapatan 283 ppi. XIAOMI, di sisi lain, hadirkan Band 7 mereka dengan membawanya layar 1,62 inci berbentuk oval diikuti resolusi 192 x 490 piksel serta kerapatan piksel 326 ppi.

Display area HUAWEI Band 7 juga terlihat lebih besar dengan 573.7, sementara XIAOMI Smart Band 7 hanya 530, bahkan secara kasat mata juga sangat terlihat. jadi untuk urusan banyaknya informasi yang ditampilkan di layar, HUAWEI lebih unggul.

Tampilan Watch Face yang tersedia untuk mempercantik layar keduanya memiliki jumlah mode tampilan yang luar biasa berbeda. Untuk XIAOMI Smart Band 7 hanya terbatas pada kisaran 100 tampilan layar, sedangkan pada HUAWEI Band 7 lebih meriah dengan hadirnya 8000 tampilan menarik pada layar.

Satu lagi, layar keduanya juga didesain memiliki peringkat ketahanan air 5 ATM , membuatnya cocok untuk berenang atau dipakai saat cuaca hujan.

Persaingan Fitur Fitness Tracker

HUAWEI Band 7 vs XIAOMI Smart Band 7

Baik HUAWEI Band 7 maupun XIAOMI Smart Band 7, keduanya sama-sama memiliki keunggulan dalam bidang pelacakan kesehatan serta mode olahraga atau fitness-nya. Keduanya mempunyai lebih dari 90 mode olahraga.

Selain mode olahraga, kami juga akan bahas soal fitur pelacak kesehatan yang dimiliki, mengingat fitur ini merupakan yang utama pada setiap smartband dan seolah menjadi tujuan utama dari kehadiran produk gelang pintar ini.

Kedua perangkat memiliki dukungan sebagai pelacak detak jantung otomatis dan pemantauan tingkat oksigen darah (SpO2), serta akan memperingatkan pengguna ketika detak jantung atau tingkat oksigen darah mereka keluar dari zona aman.

Selain itu, ada dukungan untuk pelacakan tidur dan pemantauan stres dengan latihan pernapasan. Keduanya juga hadir dengan metrik terperinci seperti indeks kemampuan berlari, beban latihan, pengambilan oksigen maksimum (VO2Max), waktu pemulihan, dan efek pelatihan atau result.

Pelacak tidur juga telah lama terintegrasi dan dapat ditemukan di set fitur smartband 7 dan HUAWEI Band 7. Namun, HUAWEI mungkin sedikit lebih unggul dalam hal ini.

Teknologi TruSleep 2.0, yang mengevaluasi kualitas tidur Anda, membedakan antara enam parameter tidur yang berbeda, termasuk kesulitan tidur, tidur ringan, bangun di malam hari, dan bahkan mimpi.

HUAWEI Band 7 vs XIAOMI Smart Band 7

Setelah analisis, HUAWEI Band 7 juga akan memberitahu Anda tentang pola tidur dan apa yang dapat Anda lakukan jika ada masalah.

Keberadaan fitur HUAWEI TruSleep 2.0 ini juga didukung dengan keberadaan fitur HUAWEI Tru lain, seperti HUAWEI TruSeen 4.0 dan HUAWEI TruRelax serta HUAWEI TruSport yang makin memberikan penjelasan mendetail tentang kualitas keseharian kita selama beraktifitas dan beristirahat.

Secara kompatibilitas OS-nya, XIAOMI bekerja dengan Android 6 dan iOS 10 , sedangkan HUAWEI dengan HarmonyOS 2.0. Ketika datang ke masa pakai baterai, mereka sangat mirip, HUAWEI Band 7 menawarkan masa pakai baterai 14 hari dalam penggunaan normal, serta 10 hari dalam penggunaan berat.

Berdasarkan klaim di atas, kami bisa memastikan bahwa gelang pintar milik HUAWEI ini dapat dipakai sepanjang hari dengan penggunaan secara terus menerus, memantau berbagai indikator tubuh bahkan saat tidur.

Di sisi lain,  XIAOMI Smart Band 7 hanya menawarkan 9 hari dalam penggunaan berat, dengan 14 hari untuk penggunaan normal. Tanpa dukungan pengisian cepat, dibutuhkan waktu 2 jam untuk terisi penuh.

Meski belum memastikan dalam kurun waktu yang lama, namun ketika keduanya Kami sandingkan dalam pemakaian normal keseharian mulai dari bangun tidur, hingga tiba waktu kembali tidur selalu terhubung, keduanya menawarkan dukungan yang baik.

Ada cerita menarik dibalik penggunaan keduanya, jika bicara soal metrik atau report yang diberikan, HUAWEI jauh lebih unggul dengan detail grafiknya. Bahkan dengan segala fitur HUAWEI Tru yang disertakan, Band 7 milik HUAWEI mampu memberikan banyak informasi serta saran terbaik bagi kami sebagai pengguna agar bisa mendapatkan kebugaran yang lebih baik.

Bahkan saran untuk tidur lebih baik dan berkualitas pun turut diberikan HUAWEI Band 7. Sedangkan XIAOMI Band 7, tetap memberikan informasi grafis, mungkin karena mode pelacak pada XIAOMI yang tidak berjalan otomatis dan harus dipilih secara manual menjadikan info grafik yang didapat terkadang tidak terekam dengan benar.

HUAWEI Band 7 vs XIAOMI Smart Band 7

Setiap informasi dari keduanya dihadirkan lewat masing-masing aplikasi pendukung mereka sendiri dan tidak menggunakan Third-Party. HUAWEI Band 7 menggunakan HUAWEI Health, dan XIAOMI Band 7 menggunakan Mi Fitness yang dapat berjalan pada Android dan iOS.

HUAWEI Band 7 mendukung balasan cepat pada aplikasi perpesanan populer seperti WhatsApp dan SMS, menawarkan kemudahan bagi pengguna kapan saja, dimana saja karena fitur Quick Reply yang disediakan.

Ini yang membedakan HUAWEI Band 7 dengan jenis Smartband lain, termasuk XIAOMI Smart Band 7, dan menjadikannya smartband yang mendekati smartwatch.

Meski begitu, keduanya sama-sama mendukung fitur Find My Phone, Tap to Wake Screen, dan akses langsung ke sebagian besar fitur telepon penting, seperti panggilan dan pesan masuk, prakiraan cuaca, dan kontrol musik.

HUAWEI Band 7 juga mendukung pengisian nirkabel dan cepat. Dengan pengisian cepat, baterai 180mAh yang digunakan dapat terisi penuh dari 0% hingga 100% dalam waktu 65 menit.

Cukup telak kemenangan yang diberikan di fitur fast charging ini. Hal ini dikarenakan XIAOMI masih belum mendukung fitur tersebut, dan terisi penuh dari 0% hingga 100% dalam waktu 2 jam atau 120 menit.

Selama penggunaan, kami masih cukup senang dengan penggunaan HUAWEI yang lebih besar jika dibanding XIAOMI. Terlebih dari hasil tes dan uji yang Kami lakukan, HUAWEI menghadirkan lebih banyak fitur dan juga AI yang kuat untuk kebutuhan harian pengguna.

Harga

HUAWEI Band 7 vs XIAOMI Smart Band 7

HUAWEI Band 7 hadir dengan segudang fitur cerdas dan build berkualitas tinggi tanpa menguras kantong. HUAWEI Band 7 sendiri dihadirkan di Indonesia dengan harga pembuka Rp 499 ribu, sedangkan untuk harga SRP berada di angka Rp 599 ribu.

Harga tersebut sudah termasuk dengan beragam fitur serta layar yang lebih besar, ditambah dengan masa pakai baterai yang lebih lama, fitur kebugaran profesional, manajemen dan pemantauan kesehatan yang menyeluruh.

Sedangkan XIAOMI Smart Band 7 pertama hadir dengan harga Rp 549 ribu dan berakhir pada harga SRP pada angka Rp 699 ribu. Harga ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan HUAWEI Band 7.

Namun semua kembali lagi kepada kalian, mau pilih yang besar atau kecil, semuanya tergantung fashion yang kalian mau. Bagi kalian yang mencari jam tangan pintar berkualitas tinggi dengan serangkaian fitur pintar yang lebih lengkap, HUAWEI Band 7 akan menjadi pilihan yang lebih disukai.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1717 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.