Dipublish pada Jumat, 30 Des 2022 | 19:02

7 Aplikasi Pantau Sinar UV, Berjemur Tingkatkan Imun

aplikasi UV

Di zaman perkembangan teknologi seperti saat ini, aplikasi tak melulu hanya untuk game, chating, ataupun berbelanja online. Kini Anda juga bisa memiliki aplikasi pantau sinar UV untuk berjemur meningkatkan sistem imun.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menentukan kapan waktu berjemur paling sehat. Apa saja aplikasi tersebut? Ketahui selengkapnya di bawah ini!

7 Aplikasi Pantau Sinar UV Terbaik

aplikasi pantau uv

Seperti yang Kita ketahui, sinar UV dapat menimbulkan berbagai gangguan pada kulit. Untuk itu, sangat penting Anda memiliki aplikasi pantau sinar UV untuk berjemur.  Aplikasi tersebut dapat membantu Anda dalam mengetahui kadar sinar UV yang baik dan buruk. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

1. UVLens

Aplikasi pantau sinar UV bisa Anda pilih saat ingin berjemur untuk cegah Corona ini dikembangkan oleh tim di Spark 64 Ltd. Yang merupakan sebuah perusahaan pembuat produk dalam membantu mereka yang menjalani aktivitas di luar ruangan agar lebih sehat.

Pasalnya, paparan radiasi ultraviolet sinar matahari atau UV bisa memicu merusak kulit. Sinar UV dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar bahkan yang paling parah adalah dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi UVLens dalam memantau sinar UV dengan aman saat ingin menikmati matahari.

Apa saja fitur yang bisa Anda dapatkan?

fitur uv

Aplikasi UVLens saat berjemur untuk cegah Corona menyediakan berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Beberapa fitur tersebut antara lain:

a. Merencanakan waktu terbaik Anda saat ingin berjemur

Anda bisa melihat indeks sinar UV sebagai perkiraan setiap harinya. Saat itulah, Anda bisa mengetahui waktu aman saat berada di luar ruangan serta kapan waktu yang harus dilakukan untuk menghindari sinar matahari.

b. Mencari tahu berapa lama waktu berjemur

Aplikasi UVLens dapat membantu Anda dalam mencari tahu berapa lama Anda bisa menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, meski tanpa menggunakan tabir surya. Hal tersebut dilakukan dengan mengambil penilaian dari jenis kulit Anda.

c. Waktu pengingat sunscreen

Anda bisa mengunakan fitur pengingat dalam menggunakan sunscreen atau tabir surya

d. Widget

Fitur ini dapat melihat sinar UV dan kapan risiko terburuknya yang mampu membakar kulit Anda langsung dari layar di rumah.

2. UV Index Global

Ingin berjemur untuk cegah Corona? Jangan sembarangan pilih waktu. Ada baiknya Anda memakai aplikasi pantau sinar UV seperti UV Index Global yang satu ini. Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa mendapatkan indeks UV untuk lokasi Anda serta perkiraan selama 5 hari per jam dengan cara yang lebih sederhana.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui radiasi sinar UV dan melindungi diri sendiri dari sengatan sinar matahari berdasarkan petunjuk dari aplikasi tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk terbebas dari kemungkinan kankerl.

Anda juga bisa mengetahui jenis kulit agar dapat lebih memahami risiko paparan matahari. Anda juga bisa mengetahui seberapa cepat kulit Anda dapat terbakar sinar matahari berdasarkan jenis kulitnya. 

Aplikasi ini sendiri sudah disertai widget yang Anda dapat mengikuti indeks UV dari layar beranda smartphon. Dengan begitu, kemana pun Anda pergi, Anda bisa mengecek indeks UV dimana pun Anda berada.

3. Smart UV Checker

aplikasi UV smart checker

Merupakan aplikasi pantau sinar UV saat ingin berjemur untuk cegah Corona yang bisa Anda gunakan pada smartphone. Caranya yakni dengan menghubungkan sensor ultraviolet untuk smartphone melalui jack audio smartphone.

Dengan begitu, Anda bisa memeriksa dan mengukur sinar ultraviolet dengan mudah dan sederhana. Pada tampilan awal aplikasi ini Anda akan disuguhkan dengan fitur indeks ketinggian sinar UV. Mulai dari Low, Moderate, High, Very High, dan Extreme. 

Menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa menampilkan history indeks sinar UV di hari-hari sebelumnya.

4. QSun

Aplikasi ini bisa Anda pilih saat ingin berjemur untuk cegah Corona. Aplikasi QSun akan memberitahu Anda kapan saat yang cepat untuk mencari perlindungan matahari.

Dengan begitu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda dalam mencegah penuaan kulit bahkan risiko kanker kulit. Beberapa fitur eksklusif yang bisa Anda dapatkan antara lain Anda bisa mencari tahu berapa banyak tabir surya yang perlu dipakai berdasarkan ukuran dan pakaian Anda.

Anda bisa memindai kode batang tabir surya apakah produk tersebut tepat untuk dipakai. Anda juga bisa menemukan usia kulit dan skor kesehatan kulit.

Untuk aplikasi versi Pro, Anda bisa melacak produksi vitasmin D Anda dari makanan, supleman, dan matahari. Anda juga bisa melacak jumlah aktivitas fisik yang bisa diselesaikan saat kondisi matahari yang aman.

5. UVlower

Merupakan sebuah aplikasi inovatis untuk berjemur. Melalui aplikasi ini Anda bisa mendapatkan informasi lokal berdasarkan posisi GPS smarphone, mengetahui jenis kulit, faktor perlindungan SPF, menghitung durasi berjemur terbaik, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini sendiri menggunakan informasi UV oleh UV-Index.at dalam menghitung durasi dan paparan optimal pada matahari. Anda bisa mendapatkan saran personalisasi bagi Anda yang ingin berada di luar ruangan tanpa khawatir terpapar sinar UV.

6. UV Index Now

UV Index

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melihat indeks sinar UV di seluruh dunia dimana pun Anda berada. Setuap harinya, Anda bisa melihat ramalan UV, melacak paparan UV, serta asupan vitamin D.

Melalui aplikasi ini Anda juga bsa menerapkan peringatan tapir surya serta perkiraan waktu sampai kulit Anda bisa terbakar. Hal tersebut dilakukan berdasarkan jenis kulit Anda.

Dengan begitu, Anda bisa menikmati berjemur di bawah sinar matahari tanpa adanya rasa khawatir. Selain dapat memantau sinar UV, Anda juga bisa mendapatkan informasi cuaca di wilayah Anda.

Aplikasi ini sendiri sudah dibekali dengan fitur widget yang akan memudahkan Anda menggunakannya melalui smartphone maupun tablet.

7. Air Quality

Aplikasi berjemur untuk cegah Corona selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah Air Quality. Aplikasi ini dikembangkan oleh Plume Labs yang memiliki tampilan menarik dengan ilustrasi kondisi udara.

Selain menginformasikan kadar sinar UV, melalui aplikasi ini Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kecepatan angin, kelembaban, hingga suhu udara dan kualitasnya di seluruh dunia.

Beberapa aplikasi di atas, bisa Anda pilih saat ingin menentukan kapan saat yang tepat berjemur untuk cegah Corona. Namun sebelumnya, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa tips berjemur di bawah ini.

Tips Berjemur untuk Cegah Corona

tips berjemur

Akhir-akhir ini berjemur untuk cegah Corona sudah seperti sebuah tren yang katanya cukup ampuh. Virus Corona sendiri menyerang pada sistem pernapasan sehingga sangat mudah menular lewat kontak secara langsung.

Bagi mereka yang memiliki tingkat imunitas yang rendah memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular. Itu sebabnya sangat penting memiliki imunitas yang tinggi agar tubuh memiliki kemampuan untuk melawan virus.

Berjemur sendiri bisa Anda lakukan yang belakangan ini orang-orang pun melakukannya. Adanya paparan sinar matahari secara langsung memang dapat merangsang produksinya vitamin D.

Untuk mendapatkannya Anda hanya perlu berjemur dalam waktu 5-15 menit perhari saja. Selain dapat meningkatkan imun, berjemur juga dapat menekan imun tubuh yang terlalu aktif.

Saat berjemur sendiri sel darah putih akan meningkat sehingga mampu mengatasi dan mencegah adanya penyakit maupun infeksi. Lantas kapan waktu berjemur paling sehat untuk mencegah virus Corona?

Dalam hal ini Anda bisa berjemur dan mendapatkan paparan sinar matahari diantara jam 10.00-15.000. Jam-jam tersebut dapat memicu tubuh yang terkena sinar matahari untuk segera memproduksi vitamin D.

Vitamin itu sendiri dapat bertahan dua kali lebih lama di dalam darah. Hal ini jika dibandingkan dengan mengkonsumsi vitamin D baik itu dalam bentuk makanan maupu suplemen.

Namun begitu, berjemur untuk cegah Corona pada jam-jam tertentu tersebut bisa mengalami risiko kulit terbakar sinar matahari bisa meningkat karena cahaya sinar yang cukup menyengat. Untuk itu, ada baiknya Anda membatasi waktu berjemur di bawah sinar matahari secara langsung selama 5-15 menit saja.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk melawan virus Corona?

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT