Dipublish Pada Sabtu, 7 Jan 2023 | 16:30

10 Podcast Islami Terbaik Untuk Teman Sahur dan Berbuka

Foto: Pixabay

Siaran podcast semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Berbeda dengan siaran radio, podcast adalah sebuah rekaman audio yang bisa diakses melalui komputer atau laptop, juga hp Android atau iPhone.

Memang segmen-segmennya mirip dengan siaran radio, tapi sebenarnya sangat berbeda. Podcast umumnya lebih banyak berisi rekaman audio suara saja, tidak memutar lagu seperti halnya radio. Dari berbagai topik yang ada, podcast bertema islami termasuk yang cukup populer.

Siaran Podcast Islami Terbaik

Foto: Pixabay

Topik-topik dalam podcast islami sangat beragam, mulai dari yang hanya membahas hal-hal ringan seputar agama Islam dan keterkaitannya dalam pergaulan sehari-hari, hingga yang topiknya agak berat seperti membahas hadits, ayat-ayat Al-Quran, hingga hukum-hukum Islam.

Mendengarkan podcast islami selama bulan puasa Ramadhan sangat dianjurkan untuk mengisi waktu dengan memperkaya pengetahuan kita tentang agama Islam. Selain bermanfaat, semoga juga bisa memberikan pahala kebaikan kepada yang mendengarkan.

Berikut rekomendasi siaran podcast islami terbaik yang bisa di dengarkan selama berpuasa, saat sahur, atau ketika sedang berbuka puasa.

1. Pecinta Shalawat

Pertama adalah Pecinta Sholawat. Dari namanya saja sudah jelas bahwa podcast ini menyiarkan kisah para nabi, do’a untuk Rasululllah dan bacaan sholawat.

Anda bisa mendengarkannya di Spotify, salah satu platform tempat mendengarkan musik dan podcast kekinian. Selalu memberikan pembaruan dan update. 

Kita bisa menemukan lagu Aisyah Istri Rasululloh dengan durasi waktu 08.20 menit yang viral ketika dinyanyikan oleh Annisa Rahma. Salah satu mantan personil Sabyan yang sedang naik daun.

Tak ketinggalan juga sholawat tibbil qulub sebagai penenang hati dikala Anda sedang galau atau takut akan suatu hal. 

2. Kajian Hanan Attaki

Bagi anak muda nama Ustadz Hanan Attaki sudah tidak asing lagi. Terkenal dengan kajiannya yang mendalam dan menentramkan hati, membuat masyarakat banyak yang mengaguminya.

Anda bisa menemukan podcastnya di Spotify, sebagai teman beribadah ketika bulan Suci Ramadhan. Dengan prinsip kerja, main, nongkrong asalkan ngaji, berikut ini beberapa topik yang menjadi pembahasannya: 

  • Surat Al Waqi’ah.
  • Ceramah berjuta kebaikan di balik sabar.
  • Kisah utsman yang dido’akan oleh Nabi Muhammad.
  • Tidak akan berkurang harta karena sedekat.
  • Tips hafal Al Qur’an walaupun bukan anak pesantren.
  • Kisah inspirasi anak muda benci jadi cinta dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Semua itu bisa didengarkan secara gratis, asalkan terhubung dengan sinyal internet yang stabil. 

3. Berceloteh Dakwah

Kalau yang satu ini sudah banyak tersebar di berbagai macam perangkat. Seperti spotify, Apple Podcast, Chartable dan masih banyak lagi yang lainnya.

Siaran podcast ini berisi kumpulan dakwah beberapa ustadz yang terkenal dan sudah tidak diragukan lagi keilmuannya. Seperti KH. Zainuddin MZ dan Ustadz Hanan Attaki, hingga sholawat penentram hati dan lain-lain. 

Anda bisa mendengarkannya ketika waktu senggang di sela-sela bekerja, atau saat berkumpul dengan keluarga sebelum berbuka puasa.

Lebih baik mengisi waktu Ramadhan dengan sesuatu yang baik, bukan? Daripada tidak bermanfaat? Podcast ini juga menyediakan murottal yang membuat hati menjadi tenang loh. 

4. Muzammil

Muzammil adalah salah satu orang Indonesia yang baik bacaan Qur’annya. Beliau membaca huruf dengan tartil, jelas, dan siapapun yang mendengarkannya pasti akan tertarik dan menangis.

Anda bisa menemukannya di spotify mulai dari juz 1 hingga 30. Tak ketinggalan, di sana juga ada sedikit dakwah tentang manfaat mendengarkan ayat Al Qur’an. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Selamat di alam kubur.
  • Tubuh senantiasa terjaga.
  • Selamat dari api neraka.
  • Mendapat keberkahan dari para penghafal Al Qur’an.
  • Selamat dunia dan akhirat. 

Tidak ketinggalan juga bacaan-bacaan dalam sholat. Misalkan Qunut Nazilah, surat anjuran yaitu Ar Rahman, Al Mulk, Yasin, Kahfi dan lain sebagainya. 

5. Imam Sholat Hanan Attaki

Selain ceramahnya yang sangat menyentuh, suara Ustadz Hanan Attaki juga merdu. Sehingga ada podcast bacaan sholat yang mampu meningkatkan iman ketika lemah.

Anda bisa mendengarkannya di Spotify secara gratis, Radio Public, YouTube dan lain sebagainya. Juga bisa dijadikan media pembelajaran anak-anak agar gemar melantunkan ayat suci Al Qur’an dengan benar dan merdu.

Foto: Pexels

6. Kajian Ustadz Khalid Basalamah

Daripada Anda mendengarkan podcast horor yang belum tentu membawa manfaat dibulan puasa, lebih baik mendengarkan kajian dari Ustadz Khalid Bassalamah.

Siaran podcast ini bisa didengarkan melalui Spotify, Radio Indonesia, Radio Public ataupun Anchor FM. Untuk isi beberapa kajiannya adalah sebagai berikut:

  • Bulughul Maram dengan bab sholat, musafir dan orang sakit.
  • Kitab Bulughul marom dengan bab sholat dan waktunya.
  • Bulughul Maram sifat sholat, hadits dan lainnya.
  • Kitab Thaharah (bersuci), pembatal wudhu.
  • Masjid, hadits, sholat sunnah dan lain-lain. 

Untuk durasinya sendiri sangat bervariasi, tergantung dari materi yang dibawakan. Apabila membahas tentang sholat, berkisar antara 1-2 jam.

Tetapi jika membahas hal yang tidak wajib seperti sholat sunnah, hanya 35 menitan. Itupun Anda bisa mendengarkannya sambil beraktivitas lain. Entah itu memasak, mencuci atau olahraga. 

7. Belajar Hijrah

Tokoh yang mengisi podcast ini tidak lain adalah Ustadz Adi Hidayat Lc MA, seseorang yang cukup disegani oleh masyarakat dan komunitas muslim di Indonesia.

Anda bisa mendengarkan podcast-nya di Spotify, Anchor FM, Apple Podcast, dan lain-lain. Isinya membahas bab-bab antara lain sebagai berikut:

  • Besarnya bersedekah kepada orang tua.
  • Konsep berdagang ala Rasululloh.
  • Tidak ada manusia yang terlahir bodoh.
  • Amalan-amalan khusus yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. 

Kajian yang dibahas memang belum terlalu banyak, tetapi lebih mengarah ke pribadi orang agar bersemangat memperbaiki dirinya, hubungan dengan keluarga, dan lingkungan sekitar.

Jadi, jika Anda ingin mencharge kembali iman, maka jangan ragu untuk mendengarkan podcast dari Belajar Hijrah ini.

8. Ngaji Gus Baha'

Gus Baha’ adalah salah satu penceramah yang sangat disegani karena pemikiran dan penjelasannya yang logis, lugas tanpa menyinggung golongan tertentu.

Anda bisa mendengarkan kajiannya di Spotify, Listen Notes, Radio Indonesia dan lain-lain. Cukup ketikkan ngaji gus baha’ pada menu pencarian google atau perangkat di atas, maka Anda sudah bisa menikmatinya. 

Untuk kitab yang dikaji, Gus Baha’ lebih sering menggunakan Nasoihul Ibad. Tapi tidak menutup kemungkinan kajian insidental lainnya, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat Indonesia saat ini. 

9. Ceramah Ust Hanan Attaki

Sama seperti sebelumnya “Kajian Ustadz Hanan Attaki” Anda juga akan mendapatkan ceramah yang menyentuh hati, karena tak jarang beliau menyampaikannya dengan penuh penghayatan dan terkadang menangis.

Podcast ini bisa ditemui di Spotify, Anchor FM, Apple Podcast, dan lain-lain. Jadi tunggu apalagi, segera charge iman dengan siraman Qolbu. 

10. Ngaji MJS | Masjid Jendral Sudirman | Podcast

Podcast Islami Indonesia selanjutnya adalah rekaman kajian yang diadakan oleh Masjid Jenderal Sudirman di Demangan Baru, Yogyakarta. Anda bisa langsung mendengarkannya di Spotify.

Untuk materi yang dibahas lebih kepada filsafat, baik era klasik, modern, ataupun post modern, dengan mengusung tokoh-tokoh Sosiologi, Islam dan Negarawan seperti Ki Hadjar Dewantara. Berikut diantaranya:

  • Ngaji Filsafat Max Weber.
  • Ngaji Filsafat Adam Smith.
  • Ngaji Filsafat Ki Hadar Dewantara.
  • Ngaji Filsafat Dewi Sartika.
  • Ngaji Filsafat KH. Hasyim Asy’ari yang dilaksanakan setiap tanggal 02 atau 03 tiap bulan. 

Demikian rekomendasi podcast Islami yang bisa Anda dengarkan selama menjalani ibadah puasa Ramadhan. Anda juga bisa mendengarkannya bermacam podcast Islami lainnya di Kaskus Podcast. Isinya tentu tidak kalah menarik dan menentramkan hati.

Jadi, nikmati bulan Ramadhan tahun ini dengan beribadah tekun dan melakukan hal baik, ya. Selamat menjalani ibadah puasa Ramadhan.

Content Writter

1606 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.