Dipublish pada Selasa, 27 Apr 2021 | 11:55

10 Game Symbian dan Polyphonic yang Ada di Android

Game Jadul
Di akhir 80-an atau awal 90-an, perkembangan game hp tidak sepesat sekarang yang hanya menampilkan konsep dan grafis sederhana. Buat kamu yang lahir pada generasi akhir 80-an atau awal 90-an, pasti merasakan perkembangan telepon genggam yang saat itu masih berjenis monochrome.

Di masa itu, Nokia dan Sony Ericsson adalah rajanya produk hp yang menguasai pasar dengan beragam varian produk. Fitur yang ditawarkan pun bisa dibilang sangat sederhana, termasuk untuk urusan game. Game yang ada di hp monochrome biasanya hanya bersifat 2 dimensi saja.

Untuk itu, kami akan mengajak bernostalgia mengenang berbagai game jadul yang masih bisa kamu mainkan di 2020 ini.

10 Game Jadul di Android

Bagi kamu yang ingin memainkan game jadul, berikut 10 game hp jadul yang bisa di download secara gratis pada play store. Selain seru pastinya 10 game ini akan membuat kamu bernostalgia kemali ke masa 90-an. 

1. Western Bar

Western Bar
Game jadul Western Bar merupakan permainan gimbot (game watch) yang muncul sekitar tahun 80an-90an. Game jaman dulu ini mengharuskan kamu yang berperan seorang koboy untuk menembaki benda-benda seperti gelas piring di sebuah bar.

Tantangannya jangan sampai menembak bom, karena akan mengurangi live kamu. Dan tantangan terakhir adalah adu tembak dengan musuh yang dating ke bar. Tapi jangan sampai menembak pengunjung yaa.

Download Western Bar

2. KungFu

KungFu
Game jadul untuk Android berikutnya adalah KunFu. Game ini juga hadir di kisaran tahun 80-an untuk perangkat gimbot. Sesuai nama permainan, disini kamu harus bertarung dengan musuh yang menyerang.

Tapi kamu hanya memiliki dua opsi untuk menyerang yaitu pukul dan tending. Untuk menghindar serangan musuh kamu bisa melompat ke atas atau bergerak kek kiri dan ke kanan.

Download Kungfu

3. Bounce

Bounce
Merupakan game jadul yang sangat melegenda bagi para pengguna hp nokia. Tersedia di segala seri termasuk untuk tipe layar monochrome atau berwarna. Pada awal game kamu akan  bermain sebagai bola karet warna merah dan harus melewati rintangan yang menghadang. Di setiap level rintangan akan semakin sulit.

Dibutuhkan ketenangan dan kesabaran dalam memainkan game jaman dulu ini. Tampilan yang sederhana serta cara bermain yang mudah menjadikan game ini sangat disukai oleh para pengguna hp Nokia. Saat ini kamu masih bisa memainkannya, karena banyak tersedia game Bounce dengan sedikit modifikasi dari para developer.

4. Space Impact

Space Impact
Masih merupakan game bawaan dari vendor Nokia. Juga tersedia di segala seri monochrome ataupun layar berwarna. Cara bermain game ini cukup menyenangkan, kamu akan menjadi pesawat tempur yang bertugas memerangi para alien yang datang untuk menghancurkan bumi.

Lawan yang dihadapi pun akan semakin sulit di tiap levelnya. Game ini bisa dibilang susah susah gampang. Namun disitulah letak kesenangannya, bahkan bagi beberapa orang membuat kecanduan. Game sejenis juga tersedia di Play Store dengan nama yang berbeda, yaitu space squid.

5. Snake

Snake
Game ini adalah game bawaan Nokia lainnya yang juga cukup fenomenal di jamannya. Cara bermain game jadul ini cukup mudah kamu hanya perlu memakan umpan yang disediakan di dalam game jika berhasil maka ular akan bertambah panjang. Di setiap levelnya kamu akan berpacu dengan waktu, jika berhasil maka akan naik ke level lebih tinggi.

Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam bergerak, karena jika  ceroboh maka kamu akan berakhir menabrak ekor sendiri. Cukup penasaran dan agak sedikit keki  jika gagal menyelesaikan tantangan. Namun disitulah letak keseruannya. Opsi game Snake ini cukup bervariasi dan bisa kamu pilih sesuai keinginan.

6. Bantumi

Bantumi
Masih merupakan game bawaan dari Nokia, bantumi merupakan game yang cukup sederhana untuk dimainkan. Jika kamu sering bermain permainan tradisional seperti congklak maka akan semakin memudahkan kamu dalam memainkannya.

Kamu akan berhadapan dengan komputer dan mengisi tiap-tiap kotak kosong dengan anak sampai akhirnya kotak lawan kosong maka ialah yang memenangi permainan. Dapat menstimulasi kita melakukan strategi bagaimana memenangi permainan dan cukup mengasyikan.

7. Solitaire

Solitaire
Game yang cukup populer di PC ini juga hadir sebagai game bawaan untuk hp Sony Ericsson yang bertipe monochrome maupun layar berwarna. Cara memainkan game ini cukup mudah, sama seperti di PC, kamu hanya perlu untuk mengurutkan kartu yang disediakan sesuai dengan daun kartu tersebut. Sangat menyenangkan untuk sekedar mengisi waktu luang dan bernostalgia dengan permainan masa kecil bukan.

8. Pairs

Pairs
Walaupun tak sepopuler 3 game Nokia diatas. Namun game yang satu ini cukup menyenangkan untuk dimainkan. Cara memainkannya kamu hanya perlu mencocokan gambar yang ada dibalik kartu yang disediakan.

Permainan jadul ini memiliki tingkatan level, dimana pada level awal kartu akan berjumlah sedikit dan sangat mudah, namun seiring semakin tinggi level maka kartu akan tampil semakin banyak pula waktu yang disediakan akan semakin sedikit.

Download Pairs

8. Tetris

Tetris
Merupakan game yang populer di gimbot adalah game bawaan dari pabrikan Sony Ericsson untuk serie K dan W yang sudah berlayar warna. Game ini memang terkesan cukup klasik, cara bermainnya pun tak berubah dari versi awal. Kamu diharuskan untuk menyusun berbagai jenis bata untuk dapat mengisi ruang jangan sampai ada yang terlewat.

Kamu juga akan diberikan waktu untuk setiap levelnya. Pilihan permainan jadul ini juga cukup banyak di Play Store, kamu bisa memilihnya sesuai keinginan.

10. Sudoku

Sudoku
Yang terakhir adalah sudoku. Game yang cukup populer di PC dan hampir dapat dimainkan di semua platform ber OS Symbian atau Java. Cara bermain game ini cukup unik, yaitu terdapat kotak masing-masing bagian memiliki kotak 9 gilirannya.

Dalam setiap persegi Anda dapat memasukkan nomor dari 1 sampai 9 sehingga setiap garis horizontal atau vertikal dari seluruh tabel menjadi satu digit dari 1 9 tanpa ulangi, dan begitu juga setiap bagian mendering. Game ini cukup menguras konsentrasi karena kita harus mampu memecahkan teka-teki dan juga harus teliti memilih kotak yang disediakan.

Ayo Mainkan Game Jadul Lagi

Setelah membaca ulasan diatas semoga dapat mengobati kerinduan kamu terhadap game jadul yang populer pada jamannya. Bagi kamu yang ingin memainkan game jaman dulu tersebut di smartphone kamu dapat mengunduhnya melalui Google Play store secara gratis. Jadi, selamat bernostalgia!

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT