Dipublish pada Jumat, 3 Des 2021 | 13:07

Cara Menghemat Baterai Hp Saat Main Game Berat

cara menghemat baterai hp saat main game beratFoto: iStock

Berbagai jenis mobile game untuk smartphone terus dirilis setiap tahunnya. Beberapa game memiliki grafis yang sangat bagus, sehingga membutuhkan kinerja spek hp yang tinggi, dan performa baterai yang bagus dan tahan lama.

Game-game yang sudah hadir untuk perangkat smartphone berbasis Android dan iOS ini juga dibekali dengan teknologi terbaru, bahkan beberapa game sudah menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) seperti Pokemon Go, atau grafis animasi berat seperti Genshin Impact.

Cara Menghemat Baterai Hp

tips hemat baterai hp game beratFoto: Pixabay

Teknologi gaming berkembang saat pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Berbagai game hadir untuk memenuhi kebutuhan para mobile gamer.

Sayangnya, dengan hadirnya berbagai teknologi gaming baru, terutama untuk jenis-jenis game mobile saat ini, membuat smartphone yang kamu gunakan mudah kehabisan baterai karena grafik game terlaliu berat.

Hp jadi tiba-tiba mati ketika kamu sedang bermain game. Tentu hal ini akan sangat mengganggu di tengah keseruan bermain. Berikut ini tips menghemat baterai hp saat bermain game berat.

1. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Agar kamu bisa bermain game dengan lebih nyaman dan lama, Kamu perlu mengatifkan mode hemat baterai yang ada di smartphone. Kamu bisa mengaktifkannya di pengaturan untuk menghemat daya baterai yang terpakai.

Kamu juga bisa mengaktifkan mode hemat daya di game, bila tersedia. Beberapa game berat biasanya menyediakan opsi atau mode Battery Saver, untuk menghemat penggunaan baterai.

Dengan menyalakan mode ini, ketika layar smartphone kamu terbalik atau miring, Layar akan otomatis meredup, namun game akan tetap berjalan.

2. Matikan Mode Augmented Reality

Khusus untuk jenis game yang menggunakan teknologi AR, gunakan opsi mematikan mode Augmented Reality Untuk menghemat baterai smartphone saat bermain. Mode ini biasanya bisa dimatikan, namun bila tidak bisa, maka lakukan tips selanjutnya.

3. Gunakan Power Bank

Game yang hadir dengan teknologi Augmented Reality yang menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata secara real time, akan membuat smartphone harus bekerja keras.

Tidak hanya itu, game dengan teknologi ini juga mengharuskan pengguna mengaktifkan GPS dan koneksi internet, sehingga baterai smartphone kian boros. Makanya, sebaiknya selalu bawa power bank untuk berjaga-jaga kalau baterai smartphone cepat terkuras.

4. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Sebelum bermain game, pastikan pengaturan cahaya pada smartphone yang kamu gunakan, ada pada pengaturan auto. Jadi, tingkat kecerahannya akan beradaptasi dengan kondisi cahaya pada tempat kita bermain. Dengan begini, penggunaan daya baterai jadi lebih sedikit.

5. Gunakan Kartu SIM 4G LTE

Koneksi internet menjadi faktor penting dalam bermain game mobile, terutama untuk game-game yang mengharuskan pemainnya untuk tersambung dengan jaringan internet seperti PUBG, Free Fire, dan lain sebagainya.

Maka, kamu harus memilih paket data internet yang tepat. Kalau smartphone kamu sudah mendukung jaringan 4G, maka gunakan kartu 4G LTE. Bermain game akan berjalan lebih lancar, sehingga smartphone lebih hemat daya karena koneksi lebih stabil.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menghemat baterai hp saat bermain game berat. Semoga tips dari kami ini bisa bermanfaat, ya. Selamat bermain!

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT